Selasa, 17 Oktober 2017

Tugas 2. Komunikasi Persuasif

https://www.youtube.com/watch?v=jVG-BoBAKq4

Iklan ini didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan properti dibantu oleh Transmedia. Iklan ini terbentuk dari beberapa efek samping orang yang merokok. layanan masyarakat tentang Merokok diatas menceritakan tentang efek dari orang-orang yang merokok. Maka orang-orang yang merokok menjadi target utama. Iklan tersebut diperankan oleh beberapa orang yang telah terkena efek dari rokok, diantaranya terkena penyakit stroke, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, dan penyakit buerger (kehilangan anggota tubuh lain). Untuk penyakit stroke sendiri terlihat 2 pemeran, yaitu sepasang suami istri dimana suaminya sudah tidak bisa berbuat apapun hanya terbaring lemas di tempat tidur tak berdaya dengan mimic wajah yang datar sambil memakan makanan yang disuapi oleh istrinya. Berikutnya yaitu kanker tenggorokan, efek dari bahaya merokok yang kedua ini adalah kehilangan pita suara, terlihat jelas dalam cuplikan tersebut yg diperankan oleh Robby Indra Wahyuda dengan usia 27 tahun sedang mengganti pipa yang dibuat untuk menyumbat tenggorokannya karena telah berlubang pasca operasi pita suara. Berikutnya kanker paru-paru, dalam cuplikan video tersebut diperankan oleh Ranap Simatupang 43 tahun, hanya bisa terbaring lemas di kasur sambil memegang dada tanda sesak nafas atau sakit di bagian paru-parunya, dan mungkin sudah tidak bisa berbuat apapun.  Dan video terakhir memperlihatkan seseorang yang terkena penyakit buerger, dimana setidaknya ada sedikit kulit yang terkelupas atau membusuk.


Dipandang dari sudut komunikatif, menurut diri penulis pribadi sudah sangat komunikan kepada penonton bahwa dampak bahaya merokok dapat dialami oleh siapapun termasuk orang yang tidak merokok sekalipun (pasif). Terlihat jelas kalimat akhir menggambarkan bahwa penyampaian kalimat “penyakit apa yang akan menimpamu jika merokok?” menurut penulis sangat membantu untuk orang-orang yang hendak akan mencoba rokok atau yang telah merokok untuk berhenti merokok. Jadi bisa dikatakan target utama iklan ini adalah mereka yang sudah merokok, atau mereka yang hendak merokok. Dan bisa juga dikatakan mereka yang merokok tanpa ada batasan umur pasti. Menurut saya iklan ini sangat membantu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar