Penulisan 1
KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi
Formal
Komunikasi disebut
formal atau resmi dipandang dari segi jalur, pelaku, tujuan, dan bentuknya. Komunikasi
formal dilakukan oleh lembaga formal. Komunikasi formal adalah komunikasi yang
dilakukan dalam lingkup lembaga resmi, melalui jalur garis perintah,
berdasarkan struktur lembaga, oleh pelaku yang berkomunikasi sebagai petugas
lembaga dengan status masing-masing, dengan tujuan untuk menyampaikan pesan
yang berkaitan dengan kepentingan dinas dan bentuk resmi yang berlaku pada
lembaga resmi pada umumnya.
Komunikasi
Informal
Komunikasi Informal
adalah komunikasi dari atas kebawah atau sebaliknya yang mengalir di luar
rantai perintah formal lembaga. Komunikasi itu tidak dilakukan orang secara
resmi sebagai petugas berdasarkan jabatan yang dipegang, pangkat yang dipunyai,
dan status dalam lembaga, tetapi sebagai manusia yang bekerja dalam lembaga. Bentuk
yang diambil dalam komunikasi itu tidak resmi yang berlaku dalam lembaga resmi
dan cara-cara resmi. Seperti komunikasi formal, komunikasi itu dapat tertulis
atau elektronik, tetapi yang lebih baik adalah lisan.
Kesimpulan:
Dari kedua contoh
komunikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi memenuhi kebutuhan social
orang untuk berhubungan dengan orang lain atau dengan kelompok atau lembaga
lembaga. Dimana komunikasi formal harus dilakukan apabila kita berada pada ruang
lingkup lembaga resmi. Dan komunikasi informal yaitu komunikasi yang dapat kita
lakukan oleh rekan kerja yang notaben nya tidak berada pada rantai formal
lembaga, komunikasi informal maka kita secara tidak langsung dapat mempererat
hubungan antar individu karna komunikasi ini bersifat santai dan ringan tidak
seperti komunikasi formal.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar