Pemanfaatan
Komunikasi Bisnis dalam IT pada iklan Bukalapak versi “Nego Cincai BUKALAPAK”
Seiring dengan kemajuan
teknologi, hal tersebut membawa banyak manfaat yang sangat berguna bagi
kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang
kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi
informasi.Teknologi dan informasi merupakan salah satu aspek dalam kehidupan
manusia yang tidak dapat dipisahkan. Hal tersebut sangat penting karena
menunjang setiap kegiatan manusia dalam berbagai bidang yang ditekuninya
seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, dll. Salah satu bidang dalam kehidupan
manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan teknologi dan informasi adalah
bidang bisnis. Para pelaku bisnis sangat merasakan manfaat IT yang sangat besar
dalam kehidupan mereka. Berikut ini adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang
bisnis :
- Munculnya peluang
bisnis baru yakni E-Business.
Dengan kemajuan
teknologi dan informasi, hal tersebut mendorong beberapa orang untuk
menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan
sebagai ranah bisnia yang sangat menguntungkan bagi semua orang. Salah satu
bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan
informasi adalah Google. Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce
atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan,
lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata
dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan
semua orang dalam mencari sesuatu di internet. Hal yang paling penting adalah,
Google meraup banyak keuntungan dari hal tersebut.
- Memperluas Pangsa
Pasar.
Salah satu manfaat IT
dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan
teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang
berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi
keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan
sebuah negara yang terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta.
Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan
memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh
dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
- Mengurangi biaya
produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi
dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga
mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang
menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut dapat membantu
setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksinya sehingga mereka bisa
mencapai prinsip ekonomi dimana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang besar
dengan hanya mengelurkan pengeluaran yang sedikit. Manfaat IT yang lainnya
yaitu mengurangi operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat menambah
jumlah produksi setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini
tentu sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka yang
sudah menerapkan teknologi yang canggih dalam perusahaannya
- Mempermudah proses
komunikasi dan monitoring setiap karyawan.
Manfaat IT yang
terakhir bagi dunia bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan monitoring
setiap karyawan yang bekerja. Untuk proses komunikasi, setiap karyawan tidak
perlu lagi repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama. Mereka bisa
melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal
ini membuat rapat menjadi lebih praktis dan menyenangkan tanpa perlu jauh-jauh
datang ke tempat rapat. Selain itu, hal tersebut juga bisa digunakan untuk
mengawasi kinerja para karyawan. Sang pemimpin perusahaan bisa tetap mengawasi
kinerja karyawan dalam perusahaannya dengan memakai beberapa metode seperti metode
komunikasi dengan mangaer dari perusahaan tersebut.
Bukalapak.com
adalah e-commerce online marketplace yang bertujuan memberdayakan usaha kecil
dan menengah (UKM) Indonesia dengan menjual produk-produk UKM secara online.
Sejak didirikan pada tahun 2010, kini Bukalapak telah menjadi e-commerce besar
yang paling berkembang di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan penjualan 20 persen
perbulan.
Dengan jumlah 150 ribu
lebih Pelapak (UKM) yang telah bergabung, Bukalapak telah berhasil menjadi
marketplace yang mampu mengumpulkan kelompok penjual di Indonesia dan menjadi
online marketplace terbesar di Indonesia (menurut ComScore). Kemudian setelah
didirikan, Bukalapak mengalami kemajuan pesat dalam kurun waktu 3 tahun sejak
didirikan pada 2011, menurut pendiri bukalapak, Ahmad Zaky, Ia bermimpi untuk
menjadikan Bukalapak sebagai sarana online marketplace yang aman dan
menjanjikan di masa depan. Bukalapak hadir mewadahi sektor usaha kecil dan
menengah (UKM) di Indonesia untuk tumbuh berkembang melalui internet.
Ia yakin bahwa peluang
e-commerce sangat terbuka lebar. Setiap orang dapat bergabung serta menjadi
penjual dan pembeli secara gratis. Baginya berjualan di toko fisik membutuhkan
investasi besar, seperti biaya sewa toko. Nah, pengeluaran semacam itu dapat dipangkas
apabila berjualan melalui internet. Bukalapak.com telah memiliki 150.000
penjual. Produk yang dijual pun sangat beragam, mulai dari elektronik, makanan
hingga produk fashion. Bukalapak mencoba mendorong masyarakat Indonesia untuk
mampu melihat dan menciptakan peluang usahanya masing-masing dengan menggunakan
internet. Namun tidak terhenti disitu saja, bukalapak mencoba membuka fitur
baru yaitu Negosiasi, tentu di kalangan jual beli online belum bisa negosiasi
atau harga yang diberikan yaitu terlalu mahal sehingga ada orang yang tidak
jadi beli, oleh karena itu, bukalapak sendiri mencoba membuat fitur baru yaitu
Nego. Iklan Bukalapak terbaru ini muncul pada bulan Januari 2017 kemarin, nama
iklannya adalah Nego Cincai Bukalapak. Iklan ini bertujuan untuk memperkenalkan
fitur baru dari Bukalapak yaitu nego. Di tengah-tengah iklan, ada penjelasan
dari Bukalapak tentang bagaimana caranya melakukan nego, hal ini sangat
membantu masyarakat untuk jual beli online di Bukalapak dan mendorong
masyarakat untuk menggunakan fitur nego di Bukalapak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar